Rabu, 09 Juni 2010

Buah Tomat

Tomat sangatlah bermanfaat bagi tubuh kita karena mengandung banyak vitamin yaitu :
Tomat mengandung:

Vitamin C - ada antioksidannya yang berguna untuk membantu membuang radikal bebas dalam tubuh.

Tomatine - berkhasiat anti radang, karoten dan asam sitrat. Jika tomat digosokkan di wajah, kandungan asam sitrat tersebut dapat membantu mengangkat kotoran dan lemak, sehingga bisa dipakai obat jerawat alamiah hanya dengan menggosokkannya secara perlahan di wajah.

Karbohidrat - bila dikonsumsi secara teratur dapat menjadi tambahan sumber energi bagi tubuh yang diperlukan untuk kinerja berbagai fungsi tubuh, seperti memacu otak dan otot-otot tubuh. GOOD News kan buat para dieter yang sedang diet Low carb. Karbohidrat dari buah lebih mudah dicerna & lebih baik daripada karbohidrat dari nasi/mi/roti.

Lemak - nah ini justru yang penting bagi para dieter yang sedang mengurangi asupan makanan. Lemaknya pun mengandung asam lemak essensial yang memberi manfaat bagi kulit dan bagian tubuh lain. Selain itu berfungsi juga untuk melarutkan vitamin A, D, E, K yang baik untuk mata & peredaran darah (TIPS Bagus ni, kalo minum suplemen vitamin, perlu juga mengkonsumsi lemak. Karena kalo tidak, vitamin akan dibuang begitu saja dari tubuh karena gak ada temenannya untuk mencerna vitamin-vitamin itu - ttg ini akan dibahas at another topic, ok!).

Protein - di dalam tubuh menjadi sumber asam amino yang digunakan tubuh untuk membangun dan mengganti sel-sel yang rusak.

Tomat menjadi andalan untuk melakukan detoksifikasi tubuh melalui terapi jus. Bahkan menurut penelitian Ohio State Univ, tomat dapat membantu penanganan kanker prostat, berkat zat antioksidan (lycopene) yang dikandungnya.
Selain buahnya ternyata biji tomat pun mempunyai banyak manfaat, jelly berwarna kuning yang terdapat di sekitar biji tomat, mengandung senyawa atau bahan campuran yang ampuh untuk melawan stroke dan penyakit jantung.

Penelitian itu juga menemukan bahwa jika kita meminum juice tomat tanpa
membuang bijinya, maka sekitar 72 persen kita telah mengurangi risiko
terjadinya penggumpalan darah yang dapat menyebabkan serangan jantung.


Sumber :
http://suardi.wordpress.com/2008/05/15/manfaat-biji-tomat-bagi-tubuh/
http://www.indonesiaindonesia.com/f/18880-manfaat-tomat/

0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates